PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 8 SEMESTER 1 PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
Author (Penulis)
LAILATUL QODRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0187
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan cenderung berpusat pada guru. Akibatnya, suasana kelas monoton, pasif, dan kurang menarik. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya minat belajar matematika siswa.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah minat belajar matematika siswa sebelum diberi pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran edutainment? (2) Bagaimanakah minat belajar matematika siswa sesudah diberi pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran edutainment? (3) Apakah metode pembelajaran edutainment berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar matematika siswa?.
Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar sebelum dan sesudah diberi pembelajaran dengan metode edutainment serta terdapat pengaruh yang signifikan atau tidak metode edutainment terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen atau eksperimen semu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Minat belajar matematika siswa sebelum diberi pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran edutainment diperoleh rata – rata ketercapaian indikator minat siswa sebesar 59,62% dengan kategori cukup. (2) Minat belajar matematika siswa sesudah diberi pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran edutainment diperoleh rata – rata ketercapaian indikator minat siswa sebesar 66,88% dengan kategori tinggi. (3) Metode pembelajaran edutainment berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar matematika siswa.