EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS DAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PADA BENTUK ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI 3 KEDIRI TAHUN 2016/2017
Author (Penulis)
RITA INTAN ARY RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0186
Abstract
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS DAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PADA BENTUK ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI 3 KEDIRI TAHUN 2016/2017
Rita Intan Ary Rahayu
12.1.01.05.0186
FKIP – Pendidikan Matematika
email
Dian Devita Yohanie, M.Pd dan Ika Santia, M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil belajar siswa yang tidak sesuai dengan harapan. Berdasarkan pengamatan dengan sebagian siswa, tingkat pengusaan materi yang rendah, siswa cenderung pasif, disebabkan oleh pembelajaran yang monoton. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manakah yang lebih efektif antara penggunaan model pembelajaran pair checks atau model pembelajaran reciprocal teaching teradap hasil belajar.
Berdasarkan rumusan masalah dan kajian pustaka, hipotesis yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran pair checks terhadap hasil belajar siswa? (2) Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa? (3) Manakah yang lebih efektif antara penggunaan model pembelajaran pair checks atau model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada pokok bahasan operasi hitung pada bentuk aljabar di SMPN 3 Kediri?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Berdasarkn hipotesis maka digunakan uji analisis variansi satu jalan. Sebelum dilakukan uji analisis variansi satu jalan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.
Dari analisis data, hipotesis (1) diperoleh rata-rata nilai tes kemampuan akhir siswa yang menggunakan model pembelajaran pair checks adalah 79,79. (2) Diperoleh rata-rata nilai tes kemampuan akhir siswa yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching adalah 61,44. (3) Berdasarkan dari analisis data, uji anava satu jalan dengan data sampel sama banyak yang telah dilakukan diperoleh harga F_h sebesar 24,90939. Harga tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga F_t dengan ?dk?_pembilang=1 dan ?dk?_penyebut=66. Berdasarkan dua dk tersebut, maka dapat diketaahui bahwa harga F_t untuk 5%=3,99. Ternyata harga F_h lebih besar daripada F_t. Karena harga F_h>F_t maka hipotesis yang diajukan diterima.
KATA KUNCI : efektifitas, model pembelajaran pair checks, model pembelajaran reciprocal teaching, dan hasil belajar.