ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas VII MTs Hasanuddin Pare. Yang menjadi faktor rendahnya hasil belajar siswa diantaranya proses pembelajaran matematika di kelas yang masih didominasi oleh guru, model pembelajaran yang kurang sesuai sehingga kegiatan siswa hanya mendengarkan materi yang disampaikan guru. Dalam proses pembelajaran matematika tersebut menjadikan siswa mudah bosan dan tidak fokus pada materi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa laki – laki jika diterapkan model pembelajaran Meaningful Instructional Design dapat meningkat sebesar ≥ 75. (2) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa perempuan jika diterapkan model pembelajaran Meaningful Instructional Design dapat meningkat sebesar ≥ 75. (3) untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) terhadap hasil belajar siswa MTs Hasanuddin Pare. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre –Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas VII MTs Hasanuddin Pare, berjumlah 45 siswa dan dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Didalam uji normalitas sampel terdistribusi normal, pada uji homogenitas sampel homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah One Sample T-Test dan Paired Sample T-Test berbantuan IBM SPSS Statistic 24. Data hasil belajar siswa diperoleh dengan memberikan tes dalam bentuk 5 soal uraian yang diberikan masing – masing sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan sesudah diberikan perlakuan (pos tes). Data respon siswa diperoleh dari memberikan angket respon setelah siswa diberikan pos tes. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa laki-laki dengan nilai rata – rata pretes pretest 51,9 dan nilai rata –rata postes 80,25. (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa perempuan dengan nilai rata – rata pretes pretest 57,1 dan nilai rata – rata postes 84,2. (3) Terdapat pengaruh penerapan model Meaningful Instructional Design terhadap hasil belajar siswa MTs Hasanudin Pare kelas VII Tahun ajaran 2018/2019, dengan nilai rata-rata pretes siswa sebesar 54,33 sedangkan nilai rata-rata postes siswa sebesar 82,08.
KATA KUNCI : Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID),
Hasil Belajar, Gender
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Faidi, Ahmad. 2013. Tutorial Mengajar untuk Melejitkan Otak Kanan dan Kiri Anak.Yogyakarta:Diva Press
Joyce, B dan Weil, M. 1980. Model of Teaching Eight Edition. New York:
Muthoharoh Umi, Budiyono, Puji Nugraheni.2013. “Hubungan Gender Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP”, Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo,2013
Ngalimun.2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Sritresna,Teni.2015.Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperativ-Meaningful Instructional Design. Volume 5, Nomor 1, tersedia:http://jurnalmtk.stkip-garut.ac.id,diunduh 20 Januari 2016
Sugiyono.2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono.2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Syafrida.2018.Efektifitas Model Pembelajaran Meaningful Design Dalam Pembelajaran Matematika Siswa dikelas Vii Smp Negeri 5 Langsa.Skripsi Institute Agama Islam Negeri Langsa Aceh: Diterbitkan 2018