EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN MIND MAPPING DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL


Author (Penulis)

MAYA DIANTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0181

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan kenyataan bahwa variasi pembelajaran matematika yang digunakan guru masih sedikit. Pembelajaran yang berpusat pada guru mengakibatkan siswa cenderung menjadi pasif, siswa hanya mendengarkan dan mencatat apa yang disampaikan oleh guru saja. Siswa hanya mengerjakan soal sesuai dengan contoh saja, sehingga siswa tidak bisa melatih keterampilan berpikir kreatifnya secara maksimal. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah: untuk mengetahui (1) efektivitas model pembelajaran Problem Posing ditinjau dari keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel, (2) efektivitas model pembelajaran Mind Mapping ditinjau dari keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel, dan (3) manakah yang lebih efektif diantara model pembelajaran Problem Posingdan model pembelajaran Mind Mapping ditinjau dari keterampilan berpikir kreatif siswa.Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semudengan nonequivalent (pretest-posttest) control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan observasi. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan SPSS 16.0, pengujian pertamadan kedua dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample test dan hipotesis ketiga menggunakan uji independentsample test. Sebelum dilakukan uji-t maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran ProblemPosing efektif ditinjau dari keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi SPLDV, (2) model pembelajaran Mind Mappingefektif ditinjau dari keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi SPLDV, (3) model pembelajaran Problem Posinglebih efektif dari pada model pembelajaran Mind Mapping ditinjau dari keterampilan berpikir kreatif siswa. KATA KUNCI :Efektivitas, Problem Posing, Mind Mapping, keterampilan berpikir kreatif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI