PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI ALJABAR


Author (Penulis)

IRMA NUR MACHMUDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0180

Abstract

Rendahnya hasil dan minat belajar siswa menjadi latar belakang peneliti dalam melaksanakan penelitian. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil dan minat belajar siswa pada materi faktorisasi aljabar kelas VIII SMPN 5 Kertosono tahun ajaran 2015/2016. Hasil belajar siswa menunjukkan perlu pemahaman, kecermatan dan ketelitian dalam mengerjakan sehingga hasil yang didapat sesuai dengan jawaban. Sedangkan minat belajar siswa menunjukkan bahwa minat siswa kurang dari yang diharapkan. Selain itu, penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran cenderung berpusat pada guru. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi aljabar? (2) Adakah pengaruh pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap minat belajar siswa pada materi operasi aljabar?. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan one-group pretest-postest design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Kertosono. Pengambilan sampel dengan menggunakan cluster sampling. Cluster sampling digunakan untuk menentukan sampel bila obyek yang akan di teliti atau sumber data sangat luas. Kelas yang digunakan untuk penelitian adalah kelas VIII-F yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, angket minat belajar, lembar observasi guru. Berdasarkan hipotesis sebelum melaksanakan analisis regresi linier sederhana, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe talking stick yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi aljabar. Hasil tersebut tunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 2,434 dengan sig. = 0,026. Persamaan garis regresinya adalah Y' = 52,409 + 0,471 X dengan besar pengaruhnya terhadap hasil belajar sebanyak 24,8%, (2) Terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe talking stick yang signifikan terhadap minat belajar siswa pada materi operasi aljabar. Hasil tersebut tunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 2,708 dengan sig. = 0,014. Persamaan garis regresinya adalah Y' = 51,491 + 0,509 X dengan besar pengaruhnya terhadap minat belajar sebanyak 28,9%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI