PROFIL GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM PENYELESAIAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA


Author (Penulis)

IMAN ANIYATUZ ZAKIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0179

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan profil gaya belajar visual siswa kelas VIII dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan masalah aljabar, 2) mendeskripsikan profil gaya belajar auditori siswa kelas VIII dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah aljabar, dan 3) mendeskripsikan profil gaya belajar kinestetik siswa kelas VIII dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan masalah aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Gaya belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 siswa yang diambil dari kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon. 3 subjek dari siswa dengan gaya belajar visual dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah, 3 subjek dari siswa dengan gaya belajar auditori dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dan 3 subjek dari siswa dengan gaya belajar kinestetik dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes gaya belajar, soal posttest, lembar observasi, dan wawancara. Untuk uji kredebilitas data, peneliti menggunakan bahan referensi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah siswa dengan gaya belajar visual dari kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dapat menyelesaikan masalah aljabar dengan sangat baik. Siswa dengan gaya belajar auditori dengan kemampuan tinggi menyelesaikan masalah aljabar dengan baik, sedangkan dengan kemampuan matematika sedang menyelesaikan dengan kurang, dan dengan kemampuan matematika rendah menyelesaikan masalah dengan sangat baik. Siswa dengan gaya belajar kinestetik dengan kemampuan tinggi menyelesaikan masalah aljabar dengan baik, sedangkan dengan kemampuan matematika sedang menyelesaikan masalah dengan sangat baik dan dengan kemampuan matematika rendah menyelesaikan masalah aljabar dengan kurang. Kata Kunci: Gaya Belajar, Penyelesaian Masalah Aljabar, Kemampuan Matematika.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI