PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK WITH READING GUIDE STRATEGY UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA
Author (Penulis)
MUHAMMAD MIFTAKHUL ARIFIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0178
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti selama PPL, bahwa pengajaran matematika masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga kemampuan berpikir khususnya berpikir kreatif peserta didik tidak berkembang. Sehingga diperlukan model pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick With Reading Guide Strategy dikarenakan model tersebut merupakan model pembelajaran aktif yang dapat merangsang kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan guru dalam menerapkan model Talking Stick with Reading Guide Strategy? (2) Bagaimana kemampuan siswa berpikir kreatif matematis tinggi dalam menyelesaikan masalah Aljabar? (3) Bagaimana kemampuan siswa berpikir kreatif matematis sedang dalam menyelesaikan masalah Aljabar? (4) Bagaimana kemampuan siswa berpikir kreatif matematis rendah dalam menyelesaikan masalah Aljabar? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, penelitian dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi, soal tes. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif talking stick with reading guide strategy Guru mampu menerapkan sebagian besar langkah – langkah dalam proses pembelajaran dengan sangat baik. (2) Kemampuan Siswa berpikir kreatif matematis tinggi dalam menyelesaikan masalah aljabar mampu berpikir lancar, luwes, orisinal dan elaboratif (3) Kemampuan Siswa berpikir kreatif matematis sedang dalam menyelesaikan masalah aljabar mampu berpikir luwes dan elaboratf, Tetapi siswa tersebut kurang mampu dalam berpikir orisinal dan lancar. (4) Kemampua Siswa berpikir kreatif matematis rendah dalam menyelesaikan masalah aljabar masih bingung memahami soal. Siswa tersebut kurang dapat menjelaskan dan menjabarkan jawabannya dengan rinci. Siswa juga tidak mampu membuat alternatif jawaban.
KATA KUNCI : Model Kooperatif Talking Stick with Reading Guide Strategy, Kemampuan berpikir kreatif matematis