PROFIL PENGETAHUAN PROSEDURAL DAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN GARIS LURUS


Author (Penulis)

DIYAH SETYORINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0174

Abstract

Profil Pengetahuan Prosedural dan Pengetahuan Konseptual Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Garis Lurus Diyah Setyorini 12.1.01.05.0174 FKIP – Pendidikan Matematika diyahrini08@gmail.com Khomsatun Ni’mah, M.Pd dan Lina Rihatul Hima, S.Si, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Diyah Setyorini. PROFIL PENGETAHUAN PROSEDURAL DAN KONSEPTUAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERSAMAAN GARIS LURUS. Skripsi, Fakultas Kegururuan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri. Desember 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan (1) profil pengetahuan prosedural siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan garis lurus. (2) profil pengetahuan konseptual siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan garis lurus. Penelitian ini termasuk penelitian diskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kata – kata dan tindakan serta sumber tertulis. Sumber data kata – kata dan tindakan diperoleh melalui metode wawancara dan observasi sedangkan sumber data tertulis tambahan diperoleh melalui tes. Sumber data utama dari penelitian ini adalah data hasil tes dan wawancara, sedangkan data yang diperoleh dari observasi merupakan data tambahan. Teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling dan random sampling. Ada 8 subjek yang dipilih untuk diwawancarai sesuai dengan hitungan random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penenlitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan tes. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini adalah trigulasi teknik. Teknik analisa data dalam penelitian ini melalui beberapa tahap yakni, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pada hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) siswa yang memenuhi indikator prosedural menerapkan prosedur yang benar mencapai 25%. (2) siswa yang memenuhi indikator prosedural mengkomunikasikan proses algoritma kedalam masalah mencapai 62,5%. (3) siswa yang memenuhi indikator prosedural memodifikasi prosedur untuk menangani masalah mencapai 25%. (4) siswa yang memenuhi indikator konseptual mengidentifikasi fakta - fakta mencapai 75%. (5) siswa yang memenuhi indikator konseptual mengenali unsur - unsur mencapai 62,5%. (6) siswa yang memenuhi indikator konseptual menafsirkan tanda - tanda mencapai 62,5%. (7) siswa yang memenuhi indikator konseptual memanipulasi ide – ide tentang konsep mencapai 62,5%. (8) siswa yang memenuhi indikator konseptual menyempurnakan hubungan konsep dan prinsip mencapai 50%. KATA KUNCI : Pengetahuan Prosedural, Pengetahuan Konseptual, PGL

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI