EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN ALAT PERAGA SELANG LOGIKA PADA POKOK BAHASAN LOGIKA MATEMATIKA
Author (Penulis)
LUDYA DEFA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0169
Abstract
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN ALAT PERAGA SELANG LOGIKA PADA POKOK BAHASAN LOGIKA MATEMATIKA
Ludya Defa Sari
12.1.01.05.0169
FKIP - Pendidikan Matematika
ludyads079@gmail.com
Khomsatun Ni’mah, M.Pd. dan Nurita Primasatya, M.Pd.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil uji coba terbatas pada siswa kelas X SMAN 1 TANJUNGANOM terkait dengan materi logika matematika. Dari hasil jawaban siswa terlihat bahwa siswa belum mampu memberikan bukti terhadap kebenaran solusi sehingga siswa belum bisa menarik kesimpulan dan siswa kurang mampu menganalisis soal serta merasa kesulitan dalam menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan. Hal ini mengakibatkan siswa merasa kesulitan dalam menarik kesimpulan dan belum mampu menganalisis soal. Dengan adanya alat peraga selang logika, diharapkan kemampuan pemahaman siswa dapat meningkat.Permasalahan penelitian ini adalah 1) apakah penggunaan alat peraga selang logika efektif untuk media pembelajaran logika matematika.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan alat peraga selang logika pada pokok bahasan logika matematika. Model dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan sampel peserta didik kelas IX-IPA 1 SMAN 1 NGRONGGOTTahun Ajaran 2016/2017.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1) pencapaian aktivitas guru selama proses pembelajarn menggunakan alat peraga selang logika pada materi logika matematika mencapai 82,69% dalam ketegori baik. 2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan alat peraga selang logika mencapai 82,11% masuk dalam kategori aktif. 3) Pembelajaran matematika menggunakan alat peraga selang logika mendapat respon yang baik yaitu sebesar 85,22%. 4) Hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan maksimal, hal ini terbukti dari 21 siswa yang tuntas hasil belajarnya sedangkan sekurang-kurangnya 80% dari 33 siswa yaitu 26 siswa.
KATA KUNCI :Efektivitas, Selang Logika, dan Logika Matematika.