PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR RELASI FUNGSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KOTA KEDIRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CRH (COURSE REVIEW HORAY) PADA TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
SITI YATIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0166
Abstract
ABSTRAK
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa yang satu dengan yang lain berbeda-beda, hal itulah yang menyebabkan pemahaman materi mereka juga berbeda-beda, saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, aktivitas siswa sangat pasif, siswa cenderung malas dalam menerima materi yang diajarkan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen tipe pretest-posttest dan lembar aktivitas siswa, prestest-posttest yaitu dengan memberikan soal sebelum diberi perlakuan dan diberi soal lagi setelah diberi perlakuan, dan untuk mengetahui hasil aktivitas siswa diberi lembar aktivitas siswa.Populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Kediri. Sampelnya kelas VIII-A SMP Negeri 8 Kota Kediri dengan model pembelajaran CRH.
Hasil penelitian ini adalah (1) Dari hasil post-test diperoleh ketuntasan secara klasikal sebesar 36,32%. (2) Hasil Post-test diperoleh ketuntasan sebesar 85,23% (3) Rata-rata hasil aktivitas siswa sebesar 86% pertemuan I dan 94% pertemuan II siswa setuju dengan menggunakan model pembelajaran CRH. Dan dari hasil analisis menggunakan uji t maka diperoleh 32, 779 > 1,697 dengan tingkat signifikan 0,000 > 0,05. Maka H1 diterima yaitu rata-rata hasil belajar matematika materi relasi fungsi kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran CRH lebih dari KKM
KATA KUNCI : Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH).