PENERAPAN MODEL TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS SISWA SMKN 2 KEDIRI KELAS XI POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI


Author (Penulis)

RIZKI WAHYU WARDANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0165

Abstract

ABSTRAK Rizki Wahyu Wardani : Penerapan Model Treffinger Dengan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Siswa SMK Negeri 2 Kediri Kelas XI Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi Penelitian ini dilatar belakangi oleh informasi dan wawancara peneliti dengan seorang guru matematika kelas XI AK 5 SMKN 2 Kediri saat melaksanakan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) terindikasi bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi. Hal ini terlihat dari nilai ulangan harian siswa tentang relasi dan fungsi yaitu lebih dari 50% siswa mendapat nilai di bawah KKM. Terlebih siswa juga mengalami kesulitan mengkomunikasikan ide matematisnya dalam menyelesaikan soal uraian secara sistematis dan lengkap, dikarenakan siswa hanya terpaku mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang dibeli di Koperasi Sekolah yang 95% hanya berisi soal pilihan ganda sehingga siswa kurang terlatih mengkomunikasikan idenya. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model treffinger dengan pendekatan scientific pada pokok bahasan relasi dan fungsi siswa SMKN 2 Kediri? (2) Bagaimanakah peningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa SMKN 2 Kediri materi relasi dan fungsi setelah penerapan model treffinger dengan pendekatan scientific? ateri relasi dan fungsi pada siswa perempuan kelas VIII? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI AK 1 SMKN 2 Kediri yang akan diambil berdasarkan siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis tertulis, pedoman observasi pelaksanaan pembelajaran melalui model treffinger dengan pendekatan scientific, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran model Treffinger dengan Pendekatan Scientific terlaksana dengan baik. Dilihat dari aktivitas siswa selama proses pembelajaran secara klasikal mencapai 84,72% atau dalam kategori baik. Dengan demikian penerapan model treffinger dengan pendekatan scientific dapat berpengaruh positif dan dikatakan berhasil. (2) Kemampuan komunikasi matematis tertulis setelah diterapkan model treffinger dengan pendekatan scientific dapat disimpulkan bahwa subjek dengan kemampuan tinggi dan rendah mengalami peningkatan sedangakan subjek dengan kemampuan sedang tidak mengalami peningkatan. Namun secara umum kemampuan komunikasi matematis tertulis ketiga subjek dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah termasuk dalam kategori baik

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI