PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 KEDIRI KELAS XI POKOK BAHASAN GEOMETRI DIMENSI TIGA


Author (Penulis)

AGUS HAFID HABIBI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0162

Abstract

ABSTRAK Agus Hafid Habibi : Penerapan Metode Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Muhammadiyah 2 Kediri Kelas XI Pokok Bahasan Geometri Dimensi Tiga, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, selama ini dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru terbisa menggunakan metode konvensional, dimana siswa kurang terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kondisi seperti itu tidak memberdayakan para siswa untuk mau dan mampu berbuat untuk memperkaya belajarnya dengan meningkatkan interaksi dengan lingkungannya.Jika hal tersebut terjadi maka dapat mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh kurang optimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan metode pembelajaran SAVI berbantuan media animasi pada siswa SMK Muhammadiyah 2 kediri kelas XI pokok bahasan geometri dimensi tiga (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara metode pembelajaran SAVI dengan metode pembelajaran ekspositori Jenis penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent (Pre-Tes Post-Test) Control Group Design penelitian kuantitatif. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode pembelajaran SAVI. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Kediri Tahun 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah kelas XI-TPM sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-TKJ sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data antara lain RPP, lembar observasi aktifitas siswa, Lebar observasi aktifitas guru, soal pre-test dan post-test hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test yang sebelumnya di lakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan : Perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 60,95 meningkat menjadi 78,10 lebih baik di bandingkan kelas kontrol yang sebesar 60,71 menjadi 62,14. Hal ini menunjukan bahwa metode pembelajaran SAVI berbantuan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. KATA KUNCI : SAVI, media animasi, hasil belajar, prisma dan limas

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI