PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII UPTD SMPN 1 MOJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
SINTYA DIANITA PRATIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0158
Abstract
ABSTRAK
Sintya Dianita Pratiwi: Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII UPTD SMPN 1 Mojo Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII-B UPTD SMPN 1 Mojo. Yang menjadi penyebabnya adalah guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga proses pembelajaran masih didominasi oleh guru. Sedangkan siswa hanya mendengar, mencatat, dan mengerjakan soal sesuai dengan apa yang diberikan oleh guru. Selain itu, siswa hanya mendengarkan dan menghafal materi yang dijelaskan oleh guru dan memahami materinya sesuai dengan pemikiran yang mereka tangkap tanpa bertanya kepada guru.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah aktivitas guru dalam model pembelajaran problem posing materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII dan guru mata pelajaran matematika UPTD SMPN 1 Mojo tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam model pembelajaran problem posing materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII UPTD SMPN 1 Mojo tahun pelajaran 2016/2017? (3) Apakah kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII UPTD SMPN 1 Mojo tahun pelajaran 2016/2017 materi sistem persamaan linear dua variabel dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran problem posing?.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data aktivitas guru dan siswa diperoleh dengan melakukan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan data kemampuan pemahaman matematis siswa diperoleh dengan memberikan tes dalam bentuk uraian kepada siswa yang dilakukan pada akhir masing-masing siklus.
Hasil penelitian yang dilakukan sbb: (1) aktivitas guru dalam menggunakan model problem posing menunjukkan kategori baik, (2) aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran problem posing menunjukkan kategori sangat baik, (3) model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII-B UPTD SMPN 1 Mojo.
Kata kunci: model pembelajaran problem posing, kemampuan pemahaman matematis.