HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK TI PELITA NUSANTARA


Author (Penulis)

VENNY SARI RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0157

Abstract

Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK TI PELITA NUSANTARA Venny Sari Rahayu 12.1.01.05.0157 FKIP – Pendidikan Matematika Vennysarirahayu@yahoo.co.id Khomsatun Ni’mah, M.Pd1, Nurita Primasatya, M.Pd2 UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti tentang hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional dan gaya belajar. Serta hubungan antara kecerdasan emosional dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMK TI PELITA NUSANTARA. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa di SMK TI PELITA NUSANTARA? (2) Adakah hubungan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di SMK TI PELITA NUSANTARA? (3) Adakah hubungan antara kecerdasan emosional dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di SMK TI PELITA NUSANTARA?. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dan expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK TI PELITA NUSANTARA. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes hasil belajar. Angket untuk memperoleh data kecerdasan emosional dan gaya belajar, sedangkan tes hasil belajar untuk mengetahui penguasaan materi bilangan berpangkat. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji korelasional. Data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah data kecerdasan emosional, data gaya belajar dan hasil belajar matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK TI PELITA NUSANTARA. (2) terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK TI PELITA NUSANTARA. (3) terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan gaya belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK TI PELITA NUSANTARA. KATA KUNCI : Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar, Hasil Belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI