EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA KARTU SOAL PADA MATERI ALJABAR SISWA KELAS VIII SMP
Author (Penulis)
DIANA ADI PRATIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0156
Abstract
ABSTRAK
Kurangnya konsentrasi dan perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika, siswa cenderung tidak aktif dalam pembelajaran matematika, siswa merasa kesulitan dalam mempelajari matematika menjadi latar belakang peneliti dalam melaksanakan penelitian, selain itu penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang menarik dan cenderung berpusat pada guru, sehingga pembelajaran tidak berpusat pada siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan “Efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament berbantu media kartu soal pada materi aljabar siswa kelas VIII SMP”. Metode penelitian ini adalah penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest dan psotest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 8 Kediri. Sampel yang diperoleh secara acak, kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran TGT berbantu media kartu soal. Instrumen yang digunakan adalah tes, lembar observasi keterlaksanaan model, dan lembar observasi aktivitas siswa.Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantu kartu soal efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi aljabar kelas VIII SMP.
KATA KUNCI :Efektivitas, Teams Games Tournament, Kartu Soal.