EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI FAKTORISASI ALJABAR


Author (Penulis)

PUJIANA MIFTAKHUL JANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0155

Abstract

Peneletian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa para siswa menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit, membosankan dan tidak menyenangkan. Hal ini disebabkan kegiatan belajar mengajar (KBM) kebanyakan guru hanya menggunakan metode yang sama dalam mengajar sehari-hari. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan konstruktivis efektif prestasi belajar siswa. Penelitianini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan instrumen tes. Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan konstruktivis yang akan dilakukan dikelas VIII-C sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas pembanding menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) yang dilakukan dikelas VIII-A sebagai kelas kontrol.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Nilai rata-rata dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan konstruktivis terbukti meningkatkan. (2) Dari observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan konstruktivis efektif.. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, bahwa (1) Model pembelajaran kooperatif tipeTeam Assisted Individualization (TAI)dengan pendekatan konstruktivis terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada materi faktorisasi aljabar meningkat, (2) Model pembelajaran kooperatif tipeTeam Assisted Individualization (TAI)dengan pendekatan konstruktivis prestasi belajar siswa kelas VIII pada materi faktorisasi aljabar efektif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI