PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS
Author (Penulis)
SRI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0154
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran NHT padamateri persamaan garis lurus di MTs.Raudlatut Thalabah Kolak Wonorejo.(2) Untuk mengetahuiadanya pengaruh model pembelajaran NHT terhadap kemampuan berfikir kritis matematis siswa pada materi persamaan garis lurus di MTs.Raudlatut Thalabah Kolak Wonorejo
Penelitian dilakukan di MTs Raudlatut Thalabah tahun ajaran 2016/2017 semester ganjil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent control Group Design.Penelitian ini melibatkan 58 siswa sebagai sampel yang terdiri dari 29 siswa untuk kelas eksperimen dan 29 siswa untuk kelas kontrol.Instrumen penelitian ini adalah perangkat pembelajaran dan tes soal uraian. Hasil analisis data menunjukkan penerapan model pembelajaran NHT ((numbered heads together) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang diperoleh sig. (2 tailed) 0,000 < taraf signifikan 0,05, maka H0 ditolak. Sehingga disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran NHT ((numbered heads together).
Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran NHT pada materi persamaan garis lurus siswa kelas VIII MTs Raudlatut Thalabah Kolak wonorejotahun pelajaran 2016/2017 dapat dilaksanakan dengan baik.(2)Ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model NHT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi persamaan garis lurus siswa kelas VIII MTs Raudlatut Thalabah Kolak wonorejo tahun pelajaran 2016/2017