PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI ALJABAR


Author (Penulis)

MUHAMMAD LUKMAN KHAKIM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0152

Abstract

ABSTRAK Dalam pembelajaran matematika siswa masih kesulitan dalam mengoperasikan soal bentuk aljabar yang mempunyai variabel yang berbeda. Mereka sering kali tidak memperhatikan bahwa variabel yang ada dalam soal itu berbeda. Mereka langsung mengoperasikan tanpa menghiraukan variabel-variabelnya. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah: untuk mengetahui (1) penerapan metode pembelajaran Brainstorming pada pembelajaran matematika siswa SMPN 3 Nganjuk. (2) untuk mengetahui apakah ada peningkatan pemahaman konsep aljabar siswa kelas VII SMPN 3 Nganjuk tahun 2016 / 2017 dengan penerapan metode pembelajaran Brainstorming.Metode pembelajaran Brainstorning adalah adalah suatu teknik atau mengajar yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas dengan melontarkan suatu masalah ke kelas oleh guru. Kemudian siswa menjawab atau menyatakan pendapat. Atau komentar sehingga mungkin masalah tersebut berkembang menjadi masalah baru, atau dapat diartikan pula sebagai suatu cara untuk mendapatkan banyak ide sekelompok manusia dalam waktu yang singkat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Berdasarkan hipotesis sebelum menentukan uji yang dipakai maka dilakukan uji homogenitas dan normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Dalam pelaksanaan penelitian ini data yang diperoleh dari keterlaksanaan lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan aktivitas guru selama proses pembelajaran berlangsung. Keterlaksanaan metode pembelajaran Brainstorming dinilai oleh observer pada setiap pembelajaran berlangsung. Pada lembar aktivitas siswa sudah dalam kategori baik meskipun ada beberapa siswa yang tidak mengikuti pembelajaran seperti siswa tidak menganalisis permasalahan, tidak mengamati permasalahan, dan mengkondisikan diri mengikuti materi. Pada lembar aktivitas guru presentase keterlaksanaan metode pembelajaran Brainstorming termasuk kategori sangat baik yaitu mencapai 90%. Dalam proses pembelajaran dengan metode pembelajaran Brainstorming berjalan lancar sesuai syntaknya meskipun waktu yang dibutuhkan lebih lama sehingga terkadang melebihi waktu yang dijadwalkan. (2) Terdapat peningkatan pemahaman konsep aljabar siswa kelas VII SMPN 3 Nganjuk dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming. Hasil ini ditunjukkan dengan thitung = 23,203 ttabel = 1,692 pada taraf signifikan 5%. Kata kunci:Pemahaman Konsep, Metode pembelajaran Brainstorming.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI