KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR DENGAN MEDIA UBIN ALJABAR
Author (Penulis)
NURUL KHOMALASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0149
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan, wawancara dan pengalaman peneliti, bahwa kreativitas belajar siswa pada pembelajaran matematika masih tergolong rendah. Pembelajaran di sekolah, jarang sekali ada kegiatan yang menuntut berpikir kreatif sehingga siswa tidak terangsang untuk berpikir, bersikap, dan berperilaku kreatif. Siswa mengalami kesulitan berfikir abstrak, dimana siswa hanya membaca simbol-simbol yang tersedia pada aljabar (variabel, koefisien dan konstanta). Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimanakah kreativitas belajar siswa berkemampuan tinggi pada materi aljabar dengan media ubin aljabar? (2) Bagaimanakah kreativitas belajar siswa berkemampuan sedang pada materi aljabar dengan media ubin aljabar? (3) Bagaimanakah kreativitas belajar siswa berkemampuan rendah pada materi aljabar dengan media ubin aljabar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon. Penelitian dilaksanakan dalam 3 pertemuan, menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas siswa, pedoman wawancara, dan tes soal kreativitas belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kreativitas belajar siswa berkemampuan tinggi pada materi aljabar dengan media ubin aljabar mampu berpikir lancar . Siswa tersebut mampu berpikir luwes, berpikir orisinal dan mampu berpikir elaboratif. (2) Kreativitas belajar siswa berkemampuan sedang pada materi aljabar dengan media ubin aljabar cukup mampu berpikir lancar. Siswa tersebut mampu berpikir luwes, berpikir orisinal dan mampu berpikir elaboratif. (3) Kreativitas belajar siswa berkemampuan rendah pada materi aljabar dengan media ubin aljabar kurang mampu berpikir lancar. Siswa tersebut mampu berpikir luwes, berpikir orisinal dan cukup mampu berpikir elaboratif.