KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATA SAVI (SOMATIK, AUDITORIS, VISUAL, INTELEKTUAL) KELAS XI SMAN 1 GURAH PADA MATERI PROGRAM LINIER
Author (Penulis)
DEWI ISMASITAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0148
Abstract
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAVI
(SOMATIC, AUDITORIS, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) KELAS XI
SMAN 1 GURAH PADA MATERI PROGRAM LINIER
Dewi Ismasitah
12.1.01.05.0148
FKIP – Pendidikan Matematika
ismadewi24@gmail.com
Aprilia Dwi Handayani, S.Pd, M.Si dan Drs. Darsono, M.Kom.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Dewi Ismasitah: Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan
Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Kelas XI SMAN 1 Gurah pada Materi
Program Linier, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Permasalahan peneliti adalah sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan pendekatan SAVI
(somatic, auditoris, visual, intelektual) pada materi Program Linier di SMAN 1 Gurah ? (2) Apakah
kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan SAVI
(somatic,auditoris,visual,intelektual) lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa
yang diajarkan dengan pendekatan konvensional?
Pendekatan SAVI adalah pendekatan pembelajaran yang terdiri dari somatic yang artinya
belajar dengan bergerak dan berbuat, audiotori yang artinya belajar dengan berbicara dan
mendengarkan, visual yang artinya belajar dengan mengamati dan menggambar, dan intelektual yang
artinya belajar dengan memecahkan masalah dan merenung. Sedangkan Pembelajaran konvensional
adalah pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru seperti metode ceramah, tanya jawab dan latihan
soal.
Penelitian dilakukan di SMAN 1 Gurah tahun ajaran 2016/2017 pada tanggal 2 – 24
Agustus 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true eksperimen dengan
desain penelitian Posttest Only Control Design. Penelitian ini melibatkan 73 siswa sebagai sampel
yang terdiri dari 37 siswa untuk kelas eksperimen dan 36 siswa untuk kelas kontrol. Penentuan sampel
menggunakan teknik random pada siswa kelas XI. Pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan
dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang berbentuk uraian.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ditinjau dari aktivitas guru proses pembelajaran
menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI sudah berjalan baik karena indikator/aspek inti pada
pendekatan SAVI sudah dilakukan guru, ditinjau dari aktivitas siswa pada pembelajaran menggunakan
pendekatan SAVI mengalami peningkatan disetiap pertemuannya dan sudah terlaksana dengan baik.
(2) Berdasarkan uji hipotesis kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan
pendekatan SAVI lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan
pendekatan konvensional pada materi program linier kelas XI SMAN 1 Gurah. Saran peneliti guru
harus mampu mencari dan mengaplikasikan suatu pendekatan pembelajaran yang lebih variatif dalam
proses pembelajaran, sehingga prestasi belajar siswa yang dicapai lebih baik.
KATA KUNCI : Pendekatan SAVI, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.