KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATA SAVI (SOMATIK, AUDITORIS, VISUAL, INTELEKTUAL) KELAS XI SMAN 1 GURAH PADA MATERI PROGRAM LINIER


Author (Penulis)

DEWI ISMASITAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0148

Abstract

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORIS, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) KELAS XI SMAN 1 GURAH PADA MATERI PROGRAM LINIER Dewi Ismasitah 12.1.01.05.0148 FKIP – Pendidikan Matematika ismadewi24@gmail.com Aprilia Dwi Handayani, S.Pd, M.Si dan Drs. Darsono, M.Kom. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Dewi Ismasitah: Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Kelas XI SMAN 1 Gurah pada Materi Program Linier, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Permasalahan peneliti adalah sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan pendekatan SAVI (somatic, auditoris, visual, intelektual) pada materi Program Linier di SMAN 1 Gurah ? (2) Apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan SAVI (somatic,auditoris,visual,intelektual) lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional? Pendekatan SAVI adalah pendekatan pembelajaran yang terdiri dari somatic yang artinya belajar dengan bergerak dan berbuat, audiotori yang artinya belajar dengan berbicara dan mendengarkan, visual yang artinya belajar dengan mengamati dan menggambar, dan intelektual yang artinya belajar dengan memecahkan masalah dan merenung. Sedangkan Pembelajaran konvensional adalah pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru seperti metode ceramah, tanya jawab dan latihan soal. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Gurah tahun ajaran 2016/2017 pada tanggal 2 – 24 Agustus 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Penelitian ini melibatkan 73 siswa sebagai sampel yang terdiri dari 37 siswa untuk kelas eksperimen dan 36 siswa untuk kelas kontrol. Penentuan sampel menggunakan teknik random pada siswa kelas XI. Pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang berbentuk uraian. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ditinjau dari aktivitas guru proses pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI sudah berjalan baik karena indikator/aspek inti pada pendekatan SAVI sudah dilakukan guru, ditinjau dari aktivitas siswa pada pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI mengalami peningkatan disetiap pertemuannya dan sudah terlaksana dengan baik. (2) Berdasarkan uji hipotesis kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan SAVI lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan konvensional pada materi program linier kelas XI SMAN 1 Gurah. Saran peneliti guru harus mampu mencari dan mengaplikasikan suatu pendekatan pembelajaran yang lebih variatif dalam proses pembelajaran, sehingga prestasi belajar siswa yang dicapai lebih baik. KATA KUNCI : Pendekatan SAVI, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI