EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN CPS (Creative Problem Solving) DENGAN MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN LOGARITMA KELAS X SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI


Author (Penulis)

RICHA SAFITRI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0147

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa pada pokok bahasan Persamaan Garis Lurus melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Pendekatan Saintifik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMPN 2 Grogol. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga pertemuan, menggunakan instrumen RPP, Pretest, Postets, dan Angket minat belajar siswa. Hasil analisis data post test siswa pada kelas kontrol yaitu 69,72%. Hasil analisis data post test siswa pada kelas eksperimen yaitu 82,14%. Hasil angket minat belajar siswa kelas kontrol mencapai 65,1%. Hasil angket minat belajar siswa kelas eksperimen mencapai 84,3%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan persamaan garis lurus ditinjau dari hasil belajar dan minat belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Grogol. Disarankan pada proses pembelajaran guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) dengan pendekatan saintifik yang telah terbukti efektif meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran NHT,Pendekatan Saintifik,Hasil belajar,Minat belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI