PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN FUNGSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GROGOL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR


Author (Penulis)

METRIA KHUSNUL CHOTIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0146

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam materi fungsi, selain itu penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang menarik dan cenderung berpusat pada guru sehingga siswa tidak dapat mengembangkan ide-ide yang dimiliki secara maksimal. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah motivasi belajar. Motivasi belajar yang tinggi maka akan meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan Fungsi; (2) Apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan Fungsi; (3) Apakah ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan Fungsi Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan post-test only control design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Grogol. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPP, LKS, Tes Hasil Belajar dan Angket Motivasi Belajar. Untuk uji hipotesis, data dianalisis dengan analisis varians (anava) dua jalan pada taraf signifikansi 5%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan Fungsi. Hal ini terbukti dengan nilai sig. sebesar 0,028 < 0,05 dan terlihat dari hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran GI lebih baik daripada dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada pokok bahasan Fungsi. Hal ini terbukti dengan nilai sig. sebesar 0,034 < 0,05 dan terlihar dari hasil belajar siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar sedang dan rendah. (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada pokok bahasan Fungsi.Hal ini terbukti dengan nilai Sig. sebesar 0,643 > 0,05. KATA KUNCI: Group Investigation, Hasil Belajar, Fungsi, Motivasi Belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI