HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK PGRI 1 KEDIRI
Author (Penulis)
YUSI TUSTYANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0143
Abstract
ABSTRAK
Yusi Tustyaningsih: Hubungan Self Efficacy Dengan Kemampuan Matematika Siswa Kelas XI SMK PGRI 1 Kediri.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa beberapa siswa berkeyakinan jika nilai yang bagus didapat apabila ia pandai, begitu sebaliknya, jika ia kurang pandai maka ia akan selalu mendapatkan nilai yang kurang bagus. Selain itu, beberapa siswa tidak berusaha menambah jam belajar dan mengurangi jam bermain, bahkan beberapa diantaranya sengaja tidak belajar meskipun tahu besok akan diadakan ulangan. Tidak adanya persiapan membuat mereka mendapatkan nilai buruk. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan Self Efficacy dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK PGRI 1 Kediri.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan subyek penelitian siswa kelas XI SMK PGRI 1 Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan dalam satu hari yaitu menggunakan angket self efficacy. Sedangkan hasil belajar menggunakan nilai ulangan tengah semester gasal tahun pelajaran 2016/2017.
Dari hasil data yang diperoleh, dilakukan uji hipotesis dengan korelasi product moment. Sebelum dilakukan penghitungan uji hipotesis, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan linieritas. Berdasarkan uji normalitas dan linieritas yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa data penelitian ini normal dan linier. Selanjutnya adapun hasil uji hipotesis pada penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara self efficacy dan kemampuan matematika siswa dengan hasil Pearson Correlation yang menunjukkan nilai sebesar 0,826 dan nilai P 0,00 < 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dengan kemampuan matematika siswa kelas XI SMK PGRI 1 Kediri tahun ajaran 2016/2017. Sehingga dapat disimpulkan bahwa apabila siswa memiliki tingkat self efficacy yang tinggi, maka kemampuan matematika siswa tersebut tinggi pula, begitupun sebaliknya, apabila siswa memiliki tingkat self efficacy yang rendah, maka kemampuan matematika siswa tersebut rendah pula .
Kata Kunci : Self Afficacy, kemampuan matematika