PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON PADA MATERI PEMBAGIAN BENTUK ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI 8 KOTA KEDIRI PADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ELVYN LELYANA ROSI MARANTIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0141

Abstract

ABSTRAK ELVYN LELYANA ROSI MARANTIKA, Peningkatan Hasil Belajar Dan Respon Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran KUMON Pada Materi Pembagian Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Kediri Pada Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, Progam Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Desember, 2016. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah kondisi dimana kemajuan zaman semakin mampu mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen tipe pretest-posttest dan angket respon siswa, prestest-posttest yaitu dengan memberikan soal sebelum diberi perlakuan dan diberi soal lagi setelah diberi perlakuan, dan untuk mengetahui hasil respon siswa diberi angket respon siswa.Populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Kediri. Sampelnya kelas VIII-E SMP Negeri 8 Kota Kediri dengan model pembelajaran KUMON. Setelah data dianalisis diperoleh hasil perhitungan uji one-sample tes diperoleh nilai thitung yaitu 35,290 lebih besar dari pada ttabel yaitu 2,048.Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada peningkatan terhadap hasil belajar matematika pada materi pembagian bentul aljabar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Kediri.Selain itu untuk mengetahui meningkat atau tidaknya model pembelajaran KUMON terhadap hasil belajar bisa dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest dengan nilai KKM 72. Hasil nilai rata-rata pretest sebelum diberi perlakuan 32,27 ini menunjukkan bahwa nilai kurang dari KKM. Sedangkan hasil nilai rata-rata posttest setelah diberi perlakuan adalah 79,24 ini menunjukkan bahwa nilai diatas KKM. Sedangkan pada angket respon siswa memperoleh hasil 70% siswa setuju dengan model pembelajaran KUMON. KATA KUNCI : Belajar, Respon Siswa, Model Pembelajaran KUMON.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI