PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI PADA POKOK BAHASAN FUNGSI DAN PERSAMAAN KUADRAT
Author (Penulis)
LILIK MUHAIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0138
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA NEGERI 1 Ngadiluwih dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe problem posing. Kemampuan pemecahan masalah meliputi 4 aspek, yaitu kemampuan memahami masalah, kemampuan menyusun strategi masalah, kemampuan melaksanakan strategi masalah, dan kemampuan memeriksa kembali masalah yang diperoleh.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mealakukan tes pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe problem posing lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif saja. Hal tersebut ditunjukkan nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen yaitu 33,19. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah yaitu 24,38.
KATA KUNCI: Kooperatif, Problem Posing, Pemecahan Masalah, Fungsi dan Persamaan Kuadrat