PENGARUH METODE PEBELAJARAN BRAINSTROMING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT


Author (Penulis)

RISKY KARLINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0135

Abstract

ABSTRAK RIISKY KARLINA: Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstroming Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Smk Pada Materi Persamaan Kuadrat. Skripsi, Matematika, FKIP UNP Kediri, 2016. Brainsrtoming merupakan metode yang merangsang berpikir dan menggunakan wawasan tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan oleh siswa.. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode brainstroming terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas X SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri pada materi persamaan kuadrat. Untuk mengetahui pengharuh metode Brainstoming ditinjau dari 2 indikator, yaitu : persentase minat siswa dan hasil belajar siswa. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran Brainstroming terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas X SMK pada materi persamaan kuadrat?, (2) Apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran Brainstroming terhadap minat siswa dalam pembelajaran matematika kelas X SMK pada materi persamaan kuadrat? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri. Sampel penelitian ini adalah kelas X Nautika A dan X Nautika B dengan menggunakan teknik cluster sampling. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Analisis data yang dilakukan dengan uji anava satu jalan yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Brainstroming terhadap minat dan hasil belajar siswa dengan hasil analisa data minat diperoleh nilai Fhitung 54,099 minat belajar siswa jauh lebih besar dari Ftabel 4,062 atau nilai sig. Dan untuk data hasil belajar diperoleh nilai Fhitung 55,688 hasil belajar siswa jauh lebih besar dari Ftabel 4,062 atau nilai sig dan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih bagus daripada kelas kontrol yaitu sebesar 86,30 > 70,65. Kata kunci : Pengaruh, Brainstroming, Minat, Hasil belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI