PROSES BERPIKIR ALJABAR SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER POKOK BAHASAN FUNGSI DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA


Author (Penulis)

DEWI PURNAMA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0133

Abstract

ABSTRAK Dewi Purnama Sari. Proses Berpikir Aljabar Siswa Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pokok Bahasan Fungsi Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Skripsi. Pendidikan Matematika. FKIP UN PGRI Kediri 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi pada hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang menunjukkan bahwa proses berpikir aljabar siswa dalam penyelesaian masalah matematika pokok bahasan fungsi pada kelas VIII masih belum terasah/dikuasai. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru sehingga siswa belum melibatkan diri secara aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Disamping itu, kemampuan yang dimiliki oleh setiap siswa berbeda-beda yang menyebabkan siswa mengalami permasalahan dalam memahami konsep aljabar pada pokok bahasan fungsi. Berpikir secara aljabar merupakan kemampuan dalam menyajikan informasi mengenai sesuatu yang belum diketahui dan merepresentasikan ke dalam bentuk simbol dan diagram dalam bahasa sehari-hari, berpikir tentang fungsi dan struktur, menganalisis serta mengaplikasikan berbagai penemuan matematika dan memecahkan berbagai macam permasalahan. Berpikir aljabar juga membutuhkan kemampuan pemecahan masalah, kemampuan representasi, dan kemampuan Quantitative Reasoning untuk memperoleh hasil yang maksimal. Hasil dari penelitian ini adalah proses berpikir aljabar siswa kemampuan tinggi memperoleh kriteria baik, proses berpikir aljabar siswa kemampuan sedang memperoleh kriteria baik, dan proses berpikir aljabar siswa kemampuan rendah memperoleh kriteria kurang. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together mampu mendorong proses kemampuan berpikir aljabar dalam penyelesaian masalah matematika. Hasil ini didukung oleh penelitian Claire (2009: 275) yang menunjukkan bahwa belajar secara berkelompok mampu mengembangkan kemampuan berpikir aljabar siswa. Kata kunci : Berpikir aljabar, Pembelajaran Kooperatif. Numbered Heads Together, Fungsi, Kemampuan Matematika.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI