EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN BENTUK ALJABAR SMPN 3 KEDIRI
Author (Penulis)
RENY TRISNASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0131
Abstract
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK – TALK – WRITE DAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN BENTUK ALJABAR DI SMPN 3 KEDIRI TAHUN 2016/2017
Reny Trisnasari
12.1.01.05.0131
FKIP – Pendidikan Matematika
renytrisnasari475@gmail.com
Dian devita Yohanie, M.Pd dan Ika Santia, M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Think – Talk – Write dan Time Token merupakan model pembelajaran matematika yang digunakan untuk menghindari siswa mendominasi pembicaraan, melatih kekompakan dalam kelompok dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Think – Talk – Write dan Time Token terhadap hasil belajar kelas VIII SMPN 3 Kediri pada materi bentuk aljabar. Efektivitas pembelajaran ditinjau dari 3 indikator, yaitu : aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa.
Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan model pembelajaran Think – Talk – Write pada pokok bahasan bentuk aljabar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 3 KEDIRI ? (2) Bagaimana peningkatan model pembelajaran Time Token pada pokok bahasan bentuk aljabar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 3 KEDIRI ? (3) Apakah penerapan model pembelajaran Think – Talk – Write lebih efektif daripada model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 KEDIRI ?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Kediri. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIIC dan VIIID dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Analisis data yang dilakukan dengan uji anava satu jalan yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan homogenitas.
Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pembelajaran matematika dengan model Think – Talk – Write dan Time Token. Namun, selama proses pembelajaran menggunakan model Think – Talk – Write dan Time Token ada peningkatan pada aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar. Rata – rata aktivitas guru pada model pembelajaran Think – Talk – Write mencapai 82,68%. Aktivitas siswa mencapai 75,89%. Dan hasil belajar siswa mencapai 85,29%. Rata – rata aktivitas guru pada model pembelajaran Time Token mencapai 79,32%. Aktivitas siswa mencapai 74%. Dan hasil belajar siswa mencapai 70,58%
KATA KUNCI : Efektivitas, Think – Talk – Write, Time Token, Hasil belajar