PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN STRATEGI PAKEM PADA MATERI FUNGSI KELAS VIII SMP NGANJUK
Author (Penulis)
Siti Mar Atus Sholikhah
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0130
Abstract
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN STRATEGI PAKEM MATERI FUNGSI KELAS VIII SMP/MTS NGANJUK
Siti Mar Atus Sholikhah
12.1.01.05.0130
FKIP – Pendidikan Matematika
siti.sholikhati@gmail.com
Drs. Samijo, M.Pd dan Drs. Darsono, M.Kom
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D Thiagaran yang sudah dimodifikasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS pada materi fungsi kelasVIII menggunakan kooperatif tipe NHT dengan strategi PAKEM. Penelitian ini juga bertujuan untuk 1) mendeskripsikan prototipe perangkat pembelajaran, 2) mengetahui respon guru dan siswa terhadap perangkat pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan strategi PAKEM, 3) meningkatkan kemampuan kognitif siswa ditinjau dari hasil belajar.
Jenis penelitianini adalah penelitian pengembangan yang dirancang dengan mengikuti tahap-tahap pengembangan model 4-D, yaitu define, design,develop, disseminatation. Produk yang dikembangkan berupa 4 RPP dan 4 LKS matematika pada materi fungsi untuk siswa kelas VIII dengan memuat langkah-langkah dalam kooperatif tipe NHT dengan strategi PAKEM. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 6 kelas yang terdiri dari 33 siswa setiap kelasnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian validasi ahli untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran, angket respon guru dan siswa untuk mengukur kelayakan perangkat pembelajaran.
Hasil penelitian ini adalah RPP dan LKS menggunakan kooperatif tipe NHT dengan strategi PAKEM materi fungsi untuk siswa kelasVIII 1) Berdasarkan hasil penilaian kevalidan RPP, diperoleh presentase total skor 87,7% dengan kriteria ”Sangat Baik”. 2) Berdasarkan hasil penilaian kevalidan LKS, diperoleh presentase total skor 88,9% dengan kriteria “Sangat Baik”. 3) Berdasarkan angket respon guru mendapatkan penilaian sebesat 85% menyatakan RPP dan LKS layak digunakan. 4) Berdasarkan respon siswa setelah menerima pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan strategi PAKEM mendapatkan skor sebanyak 79,7% suka mengikuti pembelajaran dan menjadi lebih aktif dan kreatif, 5) Berdasarkan nilai hasil tes hasil belajar menunjukkan persentase ketuntasan belajar kelas uji coba tahap I sebesar 90,9% dan pada uji coba sesungguhnya 97,47 % siswa mendapatkan nilai di atas KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan strategi PAKEM memiliki prototipe baik dalam pembelajaran matematika materi fungsi kelas VIII
KATA KUNCI: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Kooperatif Tipe NHT, Strategi PAKEM, Fungsi.