PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI


Author (Penulis)

KURNIA LUTFIATUS ZAHROK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0128

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa sebagian besar anak menyimpulkan matematika sebagai pelajaran yang sulit, pengelolaan kelas yang kurang mendukung, kurang terprogram menyampaikan materi, serta buku pembelajaran yang terlalu banyak soal latihan sehingga membuat siswa merasa bosan untuk mempelajarinya. Berdasarkan pengamatan dari kajian penelitian terdahulu yang terkait, diketahui bahwa LKS yang dikembangkan masih kurang maksimal. Dimana LKS tersebut tidak kontekstual, tidak menarik, monoton dan tidak sesuai kebutuhan peserta didik. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan model Discovery Learning pada materi Relasi dan Fungsi? (2) Bagaimana respon guru terhadap LKS yang dikembangkan? (3) Bagaimana respon siswa terdahap LKS yang dikembangkan? Penelitian ini menggunakan model discovery learning dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri.Penelitian dilaksanakan dalam tiga pertemuan, menggunakan instrument berupa RPP, LKS, dan angket respon. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pengembangan perangkat pembelajaran berupa LKS menggunakan model pengembangan 4-D. (2) Pengembangan perangkat pembelajaran pada materi relasi dan fungsi dengan model discovery learning menghasilkan 3 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan 3 Lembar Kegiatan Siswa. Untuk kompetensi dasar 1.3 “Memahami Relasi dan Fungsi” dijabarkan menjadi 7 indikator sehingga dibagi menjadi 2 RPP dan 2 LKS. Untuk kompetensi dasar 1.4 “Menentukan nilai fungsi” dijabarkan menjadi 3 indikator sehingga cukup dibuat 1 RPP dan 1 LKS. (3) Dalam proses pembelajaran siswa mempunyai respon positif terhadap pembelajaran yang menggunakan LKS dengan model discovery learning. Hal ini ditunjukkan dari hasil perolehan perhitungan respon siswa yang mencapai interval 76%-100% yaitu kriteria baik. KATA KUNCI : LKS, discovery learning, respon guru, respon siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI