PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF CONFIDENT SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 PAPAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

LAILATUL FITRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0125

Abstract

ABSTRAK Lailatul Fitriyah : Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self Confident Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Papar Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri,2016 Penelitian ini dilatar belakangi proses belajar siswa dimana siswa dalam kegiatan pembelajaran masih banyak siswa pasif dan ragu untuk mengungkapkan pertanyaan dalam pembelajaran, dan guru/ pengajar lah yang masih dominan berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Saat ulangan juga cenderung tidak percaya dengan jawabanya sendiri, dan nilai bahkan beberapa dibawah KKM (75) Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dan menggunakan pembelajaran konvensional ? (2) Adakah perbedaan Self Confident antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dan menggunakan pembelajaran konvensional ? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMPN 1 Papar. Dengan teknik pengambilan data melalui tes evaluasi dan angket. Perangkat yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi guru, lembar tes evaluasi dan angket skala sikap. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada perbedaan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran learning cycle dengan model pembelajaran langsung dengan hasil menggunakan learning cycle lebih baik didapatkan rata-rata 73,86 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata 62,55 dan hasil uji t-tes didapatkan nilai thitung = 2,560 > ttabel = 1,6669 karena thitung > ttabel (2) Ada perbedaan self confidence siswa yang menggunakan model pembelajaran learning cycle dengan model pembelajaran langsung dengan rata-rata 79,5 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata 64, hasil uji t-tes didapatkan nilai thitung = 5,947 > ttabel.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini , peneliti menyarankan agar model pembelajaran learning cycle dapat dijadikan alternatif bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self confidence. Kata Kunci : Kata Kunci: Learning Cycle, Berpikir Kritis Matematis, Self Confident.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI