PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTS MA'ARIF UDANAWU TAHUN 2016/2017
Author (Penulis)
ZUMROTUL HAMIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0124
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi Sering dijumpai siswa sering mengandalakan penjelasan dari guru dalam proses pembelajaran menjadi penyebab dari rendahnya respon siswa terhadap pelajaran matematika murid tidak boleh diperlakukan seperti busa (spons) didalam kelas yang menyerap ilmu dari guru, tanpa diberi kesempatan bertanya alangkah baiknya jika guru memberi kesempatan siswa secara aktif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya.Kemampuan kreatif dapat dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemmpuan berpikir kreatif matematis siswa dengan penggunaan model konvensional pada materi peluang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang ada di Mts Ma’arif Udanawu berjumlah 175 orang dan terdistribusi pada 7 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple random sampling, sampel penelitian yang terpilih adalah IXA dengan jumlah siswa 25 orang dikenakan model konvensional dan kelas IXG dengan jumlah siswa 25 orang dikenakan model Reciprocal Teaching. Data penelitian dikumpulkan melalui instrument tes kemampuan berpikir kreatif dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui tabel frekuensi dengan mempresentasikan rata-rata dan analisis inferensial dilkukan melalui uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai sebesar 4,413 > 2,010 dengan ? = 0,05 yang artinya ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan model Reciprocal Teaching lebih baik dalam membelajarkan siswa pada materi peluang dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan model konvensional.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Reciprocal Teaching