PERBANDINGAN HASIL BELAJAR YANG DIBERI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PROGRAM LINIER


Author (Penulis)

NANING ISTIKOMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0123

Abstract

ABSTRAK Rendahnya hasil belajar siswa menjadi latar belakang peneliti dalam melaksanakan penelitian, selain itu penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang menarik dan cenderung berpusat pada guru, sehingga siswa tidak dapat mengembangkan keterampilan berpikir secara maksimal. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah: Untuk mengetahui (1) apakah siswa dengan keterampilan berpikir kritis tinggi pada kelas yang diberi pembelajaran model Problem Based Learning memperoleh hasil belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan keterampilan berpikir kritis tinggi, sedang dan rendah pada kelas yang diberi pembelajaran metode ekspositori, (2) apakah siswa dengan keterampilan berpikir kritis sedang pada kelas yang diberi pembelajaran model Problem Based Learning memperoleh hasil belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan keterampilan berpikir kritis tinggi, sedang dan rendah pada kelas yang diberi pembelajaran metode ekspositori, (3) apakah siswa dengan keterampilan berpikir kritis rendah pada kelas yang diberi pembelajaran model Problem Based Learning memperoleh hasil belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan keterampilan berpikir kritis tinggi, sedang dan rendah pada kelas yang diberi pembelajaran metode ekspositori. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji anava dua jalan dilanjutkan dengan uji lanjut pasca anava. Sebelum dilakukan uji anava maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Siswa dengan keterampilan berpikir kritis tinggi pada kelas yang diberi pembelajaran model Problem Based Learning memperoleh hasil belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan keterampilan berpikir kritis tinggi, sedang dan rendah pada kelas yang diberi pembelajaran, (2) Siswa dengan keterampilan berpikir kritis sedang pada kelas yang diberi pembelajaran model Problem Based Learning memperoleh hasil belajar matematika yang tidak lebih baik daripada siswa dengan keterampilan berpikir tinggi pada kelas yang diberi pembelajaran metode ekspositori, tetapi lebih baik daripada siswa dengan keterampilan berpikir kritis sedang dan rendah pada kelas yang diberi pembelajaran metode ekspositori. (3) Siswa dengan keterampilan berpikir kritis rendah pada kelas yang diberi pembelajaran model Problem Based Learning memperoleh hasil belajar matematika yang tidak lebih baik daripada siswa dengan keterampilan berpikir tinggi dan sedang pada kelas yang diberi pembelajaran metode ekspositori, tetapi lebih baik daripada siswa dengan keterampilan berpikir kritis rendah pada kelas yang diberi pembelajaran metode ekspositori. KATA KUNCI : Problem Based Learning, Ekspositori, Hasil Belajar, Berpikir Kritis.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI