PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMPN 2 PAPAR MATERI ARITMATIKA SOSIAL TAHUN AJARAN 2016/201


Author (Penulis)

YETIKA ANDRI RAHMANITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0117

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMPN 2 PAPAR MATERI ARITMATIKA SOSIAL TAHUN AJARAN 2016/2017 Oleh : YETIKA ANDRI RAHMANITA 12.1.01.05.0117 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Matematika Yetikaandri10@gmail.com Yuni Katminingsih S.Pd.M.P dan Dr. Suryo Widodo M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika pada kelas VII-E SMPN 2 Papar masih didominasi oleh aktivasi klasikal yang didominasi oleh peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung yang rendah yang pada akhirnya kemampuan pemecahan masalah pun juga rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kemampuan guru menerapkan model pembelajaran investigasi kelompok pada materi Aritmatika Sosial (2) Mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan model investigasi kelompok pada materi Aritmatika Sosial (3) Mengetahui pengaruh penerapan model investigasi kelompok terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Papar tahun pelajaran 2016/2017. Dengan menggunakan simple random sampling terpilih sampel yaitu siswa kelas VIII-E dengan jmlah siswa 36 orang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen RPP, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terbukti bahwa kemampuan guru mengelola pembelajaran selama pembelajaran menggunakan model Investigasi kelompok pada materi Aritmatika Sosial adalah 75% dan berkategori baik (2) Terbukti bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok pada materi aritmatika sosial adalah 78% dan berkategori aktif (3) Terbukti bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran invesigasi kelompok terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Aritmatika Sosial, dengan rata-rata nilai pretest 51,875 dan postest 70,59. KATA KUNCI : penerapan, investigasi kelompok, kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, kemampuan pemecahan masalah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI