ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 KEDIRI DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL ( PROBLEM BASED LEARNING ) PADA MATERI PROGRAM LINIER


Author (Penulis)

DIAH AYU RETNONINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0116

Abstract

ABSTRAK Diah Ayu Retnoningtyas: Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 1 Kediri dengan Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Pada Materi Program Linier, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti saat peneliti melakukan PPL 2 di sekolahan SMKN 1 Kediri. Diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa sulit untuk mengkomunikasikan pendapatnya terlihat dari siswa bisa menyelesaikan sebuah soal tetapi sulit untuk mengkomunikasikan nya. Pertanyaan penelitian adalah sebagai berikut (1) Bagaimanakah penerapan model PBL (Problem Based Learning) pada siswa kelas XI TKJ 2 SMKN 1 Kediri saat pembelajaran matematika? (2) Bagaimanakah kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI TKJ 2 SMKN 1 Kediri? Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2016/2017 pada tanggal 1 sampai 13 agustus 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang di teliti adalah siswa kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 1 Kediri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi RPP , lembar observasi guru, lembar observasi siswa, soal tes, wawancara. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Aktivitas guru dalam menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi program linear sudah berjalan dengan baik, Langkah-langkah dalam model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) sudah dilakukan guru dalam pertemuan 1 sampai II. Sedangkan untuk aktivitas siswa mengalami peningkatan dan sudah terlaksana dengan baik. (2) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan model PBL (Problem Based Learning) pada materi Program Linear memperoleh kriteria baik. KATA KUNCI : Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning), Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI