PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMPN 1 TAROKAN 2016/2017 PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KONGRUEN
Author (Penulis)
LUCKY NURMA DIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0112
Abstract
Email: luckunurmadianto.pro@gmail.com
Yuni Katminingsih, S.Pd, M.Pd. dan Bambang Agus Sulistyono, M.Si.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa selama ini
pembelajaran masih didominasi guru sehingga siswa kurang memperhatikan dan aktif selama kegiatan
pembelajaran yang mengakibatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi kesebangunan
dan kongruen masih belum optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IX
SMPN 1 Tarokan 2016/2017 dengan penerapan model pembelajaran Example Non Examples pada
materi kesebangunan dan kongruen, (2) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Example
Non Examples pada materi kesebangunan dan kongruen terhadap kemampuan pemecahan masalah
siswa SMP kelas IX.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan subyek penelitian
adalah siswa kelas IX-E SMPN 1 Tarokan yang berjumlah 26 siswa yaitu 14 siswa laki-laki dan 12
siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan selama dua kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa
RPP dan soal tes.
Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa (1) Dari hasil penghitungan nilai rata – rata
pretes mencapai 67,12 dan nilai untuk postes mencapai 73,08 rata-rata siswa termasuk kedalam
kriteria Baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas
IX baik, (2) Dari hasil perhitungan Paired Sample t -test diperoleh taraf signifikan 0,029 < 0,05
sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Example Non Examples pada
materi kesebangunan dan kongruen berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa
kelas IX SMPN 1 Tarokan.
KATA KUNCI : Model pembelajaran Example Non Examples, Kemampuan Pemecahan Masalah.