PENGARUH MODEL TGT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA SMILE TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT


Author (Penulis)

FINA ISYROFINNISAK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0111

Abstract

Fina Isyrofinnisak : Pengaruh Model TGT dengan Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Smile Terhadap Pemahaman Belajar Siswa pada Materi Bilangan Bulat, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri,2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) adanya pengaruh model TGT dengan menggunakan media permainan ular tangga smile, 2) adanya pengaruh model TGT tanpa menggunakan media permainan ular tangga smile, 3) adanya perbedaan antara model TGT dengan menggunakan media permainan ular tangga smile dan model TGT tanpa menggunakan media permainan permainan ular tangga smile. Teknik penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design berupa nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 PAPAR. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Data penelitian dianalisis dengan bantuan spss for windows versi 16.0 dengan menggunakan uji-t berpasangan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil, 1) pada kelas eksperimen di dapatkan thitung(-10,518) < ttabel(-2,03011) dengan sig 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, 2) pada kelas kontrol hasil thitung(-8,117) < ttabel(-2,03011) dengan sig 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, 3) perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen di dapatkan hasil thitung (3,094) > ttabel (1,6669) dengan taraf signifikan 0,05 dengan sig 0,569 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Dari ketiga analisis data diatas, dapat disimpulkan bahwa 1) ada pengaruh model TGT dengan menggunakan media permainan ular tangga smile terhadap pemahaman belajar siswa pada materi bilangan bulat, 2) ada pengaruh model TGT tanpa menggunakan media permainan ular tangga smile terhadap pemahaman belajar siswa pada materi bilangan bulat, 3) ada perbedaan antara model TGT dengan menggunakan media permainan ular tangga smile dan model TGT tanpa menggunakan media permainan ular tangga smile terhadap pemahaman belajar siswa pada materi bilangan bulat. KATA KUNCI : Model TGT, Media permainan Permainan Ular Tangga, Pemahaman Belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI