ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI BERDASARKAN DIMENSI PENGETAHUAN ANDERSON PADA SISWA KELAS XI SMKP HANG TUAH KEDIRI


Author (Penulis)

YOYOK SETIYO WIDODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0110

Abstract

Abstrak ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI BERDASARKAN DIMENSI PENGETAHUAN ANDERSON PADA SISWA KELAS XI SMKP HANG TUAH KEDIRI, Yoyok Setiyo Widodo, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah trigonometri berdasarkan dimensi pengetahuan matematika Anderson yang meliputi dimensi faktual, prosedural, konseptual dan metakognisi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini akan dilakukan di SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pada pengetahuan faktual siswa melakukan kesalahan dalam menuliskan sumber informasi. Pada pengetahuan konseptual, siswa melakukan kesalahan dalam mendefinisikan suatu konsep trigonometri seperti sin, cos dan tan. Pada pengetahuan prosedural siswa melakukan kesalahan dalam menggunakan langkah – langkah yang tepat ketika mengerjakan soal. Dan pada pengetahuan metakognisi, kesalahan yang dilakukan siswa adalah salah mengunakan strategi yang tepat dalam mengerjakan soal. Dari keempat kategori tersebut siswa paling banyak melakukan kesalahan konseptual dan paling sedikit melakukan kesalahan metakognisi. Kata kunci : Dimensi Pengetahuan Anderson, Faktual, Kesalahan Siswa, Konseptual, Metakognisi Prosedural

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI