ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI BERDASARKAN DIMENSI PENGETAHUAN ANDERSON PADA SISWA KELAS XI SMKP HANG TUAH KEDIRI
Author (Penulis)
YOYOK SETIYO WIDODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0110
Abstract
Abstrak
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI BERDASARKAN DIMENSI PENGETAHUAN ANDERSON PADA SISWA KELAS XI SMKP HANG TUAH KEDIRI, Yoyok Setiyo Widodo, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah trigonometri berdasarkan dimensi pengetahuan matematika Anderson yang meliputi dimensi faktual, prosedural, konseptual dan metakognisi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini akan dilakukan di SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pada pengetahuan faktual siswa melakukan kesalahan dalam menuliskan sumber informasi. Pada pengetahuan konseptual, siswa melakukan kesalahan dalam mendefinisikan suatu konsep trigonometri seperti sin, cos dan tan. Pada pengetahuan prosedural siswa melakukan kesalahan dalam menggunakan langkah – langkah yang tepat ketika mengerjakan soal. Dan pada pengetahuan metakognisi, kesalahan yang dilakukan siswa adalah salah mengunakan strategi yang tepat dalam mengerjakan soal. Dari keempat kategori tersebut siswa paling banyak melakukan kesalahan konseptual dan paling sedikit melakukan kesalahan metakognisi.
Kata kunci : Dimensi Pengetahuan Anderson, Faktual, Kesalahan Siswa, Konseptual, Metakognisi Prosedural