PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN LKS PADA MATERI ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Author (Penulis)
FERIDA WAHYU MUNITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0109
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SMPN 5 Kediri masih didominasi oleh aktivitas guru. Akibatnya suasana pembelajaran di kelas cenderung masih pasif dan siswa cenderung mendengarkan penjelasan dari guru tanpa merespon. Hal tersebut nampak dari kemampuan berpikir kreatif siswa yang masih rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 5 Kediri yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang didukung dengan LKS. (2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 5 Kediri yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS Think Pair Share yang tidak didukung LKS. (3) Untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 5 Kediri yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang didukung dengan LKS lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 5 Kediri yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang tidak didukung dengan LKS.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMPN 5 Kediri. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, menggunakan instrument berupa RPP, LKS dan soal tes. Penelitian ini menggunakan design posttest-only control design, yaitu dalam penelitian ini tidak ada pre test sebelum diberi perlakuan.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan berpikir kreatif siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif think pair share menggunakan LKS berada pada kategori baik dengan rata-rata sebesar 79,69 (2) kemampuan berpikir siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif think pair share tanpa menggunakan LKS berada pada kategori cukup baik dengan rata-rata 62,06 (3) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan LKS lebih baik daripada rata-rata kemampuan berpikir siswa tanpa LKS yaitu sebesar .
Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan tujuan pokok penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (think pair share) denggan menggunakan LKS adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Kata kunci: kooperatif, think pair share, lks, kemampuan berpikir kreatif.