PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN


Author (Penulis)

SILVIA KUSUMA ANGGRAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0108

Abstract

ABSTRAK Silvia Kusuma Anggraini: Pengembangan Media Pembelajaran “Mario And His Friends” Berbasis Construct 2 Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Aljabar, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri 2016. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengalaman peneliti, bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan konsep aljabar. Akibat dari kesulitan tersebut siswa mendapatkan nilai yang kurang baik sehingga diperlukan suatu tindakan untuk mengatasi hal tersebut. Terdapat beberapa hal yang dapat mengatasi kesulitan belajar siswa salah satunya dengan pengembangan media pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran ini merupakan pengembangan media dibidang pendidikan dengan menggunakan teknologi komputer yaitu Construct 2. Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengatahui 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran “Mario And His Friends” berbasis Construct 2 dapat mengatasi kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan aljabar dan 2) Bagaimana hasil pengembangan media pembelajaran “Mario And His Friends” berbasis Construct 2 dapat mengatasi kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan aljabar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang telah dikembangkan oleh Sugiyono. Instrumen penelitian yang digunakan adalah validasi oleh ahli dan angket respon siswa serta soal tes individu dengan subyek uji coba terbatas berjumlah 10 siswa dan uji coba luas berjumlah 19 siswa.Validasi ahli dilakukan oleh 1 orang ahli media dan 2 orang ahli materi. Berdasarkan dari penelitian ini, proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran “Mario And His Friends” berbasis Construct 2 memberikan nuansa pembelajaran yang menarik dan berbeda dari proses pembelajaran biasa sehingga memberikan dampak positif dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Data hasil uji coba terbatas memperoleh presentase 84,75% untuk angket respon siswa dan 72,22% untuk hasil belajar siswa. Sedangkan dari uji coba luas didapatkan presentase 85,26% untuk angket dan hasil belajar siswa mendapatkan presentase 85,67%. Dari hasil uji coba luas tersebut jika dbandingkan dengan presentase hasil belajar siswa sebelum mengunakan media pembelajaran mengalami peningkatan yaitu dari 59,42% menjadi 85,67% setelah menggunakan media pembelajaran Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pengembangan media pembelajaran mendapatkan respon yang baik dari siswa dan memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa sehingga dapat dikatakan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran “Mario And His Friends” berbasis Construct 2dapat mengatasi kesulitan belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI