PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX B DI MTS NEGERI JOMBANG KAUMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
HIMMATUL ALIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0106
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan nilai ulangan matematikatahun lalu di MTsN Jombang Kauman materi bangun ruang terlihat bahwa dari 111 siswa yang mencapai KKM ada 46 siswa/41% dan siswa yang belum mencapai KKM ada 65 siswa/59%. Hal ini menyatakan masih ada beberapa siswa yang sulit untuk mengkomunikasikan matematika,sehingga hasil belajar rendah.
Rumusan masalah pada penelitian adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstualterhadapkemampuan komunikasi matematik siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung kelas IX B di MTs Negeri Jombang Kauman? (2) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstualterhadaphasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung kelas IX B di MTs Negeri Jombang Kauman (3) Adakah hubungan diantarakemampuan komunikasi matematik dengan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung kelas IX B di MTs Negeri Jombang Kauman?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IX B MTs Negeri Jombang Kauman.Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga pertemuan, menggunakan instrument berupa angket respon siswa, tes untuk melihat kemampuan komunikasi matematik dan hasil belajar.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematik dengan persamaan regresi Y ?=38,380+0,616X. (2) Ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi Y ?=35,669+0,543X. (3) Ada hubungan antara kemampuan komunikasi matematik dengan hasil belajar siswa, diperoleh dari uji korelasi hubungan sebesar 0,786.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan model pembelajaran kontekstual pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematik dan hasil belajar.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Komunikasi Matematik, Hasil Belajar Siswa.