MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON DAN GROUP INVESTIGASI PADA SISWA KELAS X
Author (Penulis)
FITA AMALIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0105
Abstract
ABSTRAK
FITA AMALIA: Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Menggunakan Model Pembelajaran Kumon dan Group Investigasi pada Siswa Kelas X, Skripsi, Program studi Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI KEDIRI, 2017.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa kemampuan penalaran siswa SMK tergolong rendah, hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang rendah saat memecahkan permasalahan soal cerita.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik True-Experimental design (Pretest-Posttest Control Group Design).Subjek penelitian sebanyak 30 responden, menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen soal tes tertulis. Instrumen soal sebelum digunakan terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, dan reliabilitas untuk mendapat data yang objektif.
KATA KUNCI :Penalaran Matematika, Model Pembelajaran Kumon, Model Pembelajaran Group Investigasi