PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMPN 1 PRAMBON KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN OPERASI ALJABAR


Author (Penulis)

SITI NURASIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0104

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti pada saat melaksanakan PPL di SMP Negeri 1 Prambon, bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi operasi aljabar masih tergolong rendah, dari jumlah siswa satu kelas 32, hanya 6 siswa atau sekitar 20% yang memperoleh nilai di atas KKM, dan selama ini pembelajaran masih didominasi oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Prambon kelas VIII pada pokok bahasan operasi aljabar, (2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 prambon kelas VIII pada pokok bahasan operasi aljabar, dan (3) mendeskripsikatan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 prambon kelas VIII pada pokok bahasan operasi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Prambon kelas VIII 2 sebanyak 3 siswa yaitu 1 siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan kurang. Penelitian dilaksanakan selama dua kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, soal tes dan lembar wawancara. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Prambon kelas VIII pada pokok bahasan operasi aljabar terlaksana dengan sangat baik, secara klasikal pencapaian aktivitas guru selama proses pembelajaran mencapai 93% dalam kategori sangat baik dan aktivitas siswa mencapai 87% dalam kategori sangat baik (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Prambon kelas VIII dalam menyelesaikan soal operasi aljabar setelah diterapkannya model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing selama dua kali pertemuan secara umum tergolong kriteria sangat baik, (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Prambon kelas VIII pada pokok bahasan operasi aljabar dengan diterapkannya model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing selama dua kali pertemuan mengalami peningkatan 3%. Pada pertemuan I kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mencapai 86% dan pada pertemuan II mencapai 89%, dengan kata lain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Prambon kelas VIII setelah diterapkannya model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing selama dua kali pertemuan menjadi lebih baik. KATA KUNCI: Model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI