LITERASI MATEMATIKA TINGKAT SMP MENGACU PADA TIMSS (TRENDS INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY) DITINJAU DARI GENDER
Author (Penulis)
ZAENAL ABIDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0103
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya literasi matematika tingkat SMP
yang mengacu pada TIMSS ditinjau dari gender, untuk mengetahui adanya literasi
matematika siswa tingkat SMP melalui soal tes model TIMSS, dan juga untuk mengetahui
adanya perbedaan literasi matematika antara siswa laki-laki dan perempuan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana literasi matematika siswa
perempuan tingkat SMP mengacu pada TIMSS (Trends International Mathematics and
Science Study)? (2) Bagaimana literasi matematika siswa laki-laki tingkat SMP mengacu pada
TIMSS (Trends International Mathematics and Science Study)? (3) Apakah ada perbedaan
literasi matematika antara siswa perempuan dan laki-laki tingkat SMP?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan
subyek penelitian siswa kelas VIII-F SMP N 2 MOJO dan siswa kelas VIII-D SMP N 3
KEDIRI. Penelitian ini dilaksanakan sekali pertemuan dengan menggunakan lembar soal tes
literasi matematika mengacu pada TIMSS berupa pilihan ganda, isian singkat dan uraian.
Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1) nilai rata-rata siswa diperoleh dari hasil
skoring pada tes soal literasi matematika, untuk siswa laki-laki di SMP N 2 MOJO diperoleh
62,92, sedangkan di SMP N 3 KEDIRI diperoleh 68,18. Dan nilai rata-rata siswa di kedua
sekolah yaitu dikategori cukup untuk kategori tingkat literasi matematika TIMSS; 2) untuk
siswa perempuan di SMP N 2 MOJO diperoleh 57,58, sedangkan di SMP N 3 KEDIRI
diperoleh 73,92. Dan nilai rata-rata siswa di kedua sekolah yaitu dikategori cukup untuk
kategori tingkat literasi matematika TIMSS; 3) hasil hipotesis menunjukkan bahwa kedua data
tersebut sama-sama tidak terdapat perbedaan literasi matematika yang mengacu pada TIMSS
antara siswa laki-laki dan perempuan kelas VIII tingkat SMP.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan: 1) tujuan pada pelaksanaan tes
soal model TIMSS (Trends International Mathematics and Science Study) yaitu untuk
mengukur literasi matematika siswa antara siswa laki-laki dan perempuan. Oleh sebab itu,
guru lebih memperhatikan kekurangan kualitas pendidikan terutama bidang matematika agar
prestasi belajar siswa kategori sangat baik; 2) terakhir kurikulum sekolah masih perlu
diperbaiki dan dikembangkan agar siswa tidak kekurangan materi di kelas VIII agar
membuktikan bahwa literasi matematika berhasil.
Kata Kunci: Literasi Matematika, TIMSS, Gender