LITERASI MATEMATIKA TINGKAT SMP MENGACU PADA TIMSS (TRENDS INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY) DITINJAU DARI GENDER


Author (Penulis)

ZAENAL ABIDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0103

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya literasi matematika tingkat SMP yang mengacu pada TIMSS ditinjau dari gender, untuk mengetahui adanya literasi matematika siswa tingkat SMP melalui soal tes model TIMSS, dan juga untuk mengetahui adanya perbedaan literasi matematika antara siswa laki-laki dan perempuan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana literasi matematika siswa perempuan tingkat SMP mengacu pada TIMSS (Trends International Mathematics and Science Study)? (2) Bagaimana literasi matematika siswa laki-laki tingkat SMP mengacu pada TIMSS (Trends International Mathematics and Science Study)? (3) Apakah ada perbedaan literasi matematika antara siswa perempuan dan laki-laki tingkat SMP?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII-F SMP N 2 MOJO dan siswa kelas VIII-D SMP N 3 KEDIRI. Penelitian ini dilaksanakan sekali pertemuan dengan menggunakan lembar soal tes literasi matematika mengacu pada TIMSS berupa pilihan ganda, isian singkat dan uraian. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1) nilai rata-rata siswa diperoleh dari hasil skoring pada tes soal literasi matematika, untuk siswa laki-laki di SMP N 2 MOJO diperoleh 62,92, sedangkan di SMP N 3 KEDIRI diperoleh 68,18. Dan nilai rata-rata siswa di kedua sekolah yaitu dikategori cukup untuk kategori tingkat literasi matematika TIMSS; 2) untuk siswa perempuan di SMP N 2 MOJO diperoleh 57,58, sedangkan di SMP N 3 KEDIRI diperoleh 73,92. Dan nilai rata-rata siswa di kedua sekolah yaitu dikategori cukup untuk kategori tingkat literasi matematika TIMSS; 3) hasil hipotesis menunjukkan bahwa kedua data tersebut sama-sama tidak terdapat perbedaan literasi matematika yang mengacu pada TIMSS antara siswa laki-laki dan perempuan kelas VIII tingkat SMP. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan: 1) tujuan pada pelaksanaan tes soal model TIMSS (Trends International Mathematics and Science Study) yaitu untuk mengukur literasi matematika siswa antara siswa laki-laki dan perempuan. Oleh sebab itu, guru lebih memperhatikan kekurangan kualitas pendidikan terutama bidang matematika agar prestasi belajar siswa kategori sangat baik; 2) terakhir kurikulum sekolah masih perlu diperbaiki dan dikembangkan agar siswa tidak kekurangan materi di kelas VIII agar membuktikan bahwa literasi matematika berhasil. Kata Kunci: Literasi Matematika, TIMSS, Gender

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI