PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI IRISAN KERUCUT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE GUIDED DISCOVERY PADA PENERAPAN KURIKULUM 2013 KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KEDIRI


Author (Penulis)

SUCI NUR RAHMY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0099

Abstract

Suci Nur Rahmy : Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Irisan Kerucut dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Metode Guided Discovery pada Penerapan Kurikulum 2013 Kelas XI DI SMA Negeri 1 Kediri. Penelitian ini dilator belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika berbasis kurikulum 2013 di SMA masih didominasi aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru, akibatnya implementasi kurikulum 2013 belum terealisasi dengan baik. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimana pengembangan perangkat pembelajaran materi irisan kerucut dengan model pembelajaran problem based learning dan metode guided discovery pada penerapan kurikulum 2013 kelas XI di SMA Negeri 1 Kediri? (2) Bagaimana kemampuan guru mengaplikasikan perangkat pembelajaran pembelajaran materi irisan kerucut dengan model pembelajaran problem based learning dan metode guided discovery pada penerapan kurikulum 2013 kelas XI di SMA Negeri 1 Kediri ? (3) Bagaimana aktivitas dan respon siswa selama pembelajaran menggunakan pengembangan perangkat pembelajaran materi irisan kerucut dengan model pembelajaran problem based learning dan metode guided discovery pada penerapan kurikulum 2013 kelas XI di SMA Negeri 1 Kediri ? Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan subjek penelitian siswa kelas XI MIIA F/6 SMA Negeri 1 Kediri. Penelitian dilakukan menggunakan pengembangan RPP dan LKS berbasis kurikulum 2013, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan angket respon siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pengembangan perangkat pembelajaran materi irisan kerucut dengan model pembelajaran problem based learning dan metode guided discovery pada penerapan kurikulum 2013 kelas XI di SMA Negeri 1 Kediri valid dan dapat digunakan tanpa revisi. (2) Guru berhasil mengaplikasikan pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS materi materi irisan kerucut dengan model pembelajaran problem based learning dan metode guided discovery pada penerapan kurikulum 2013 kelas XI di SMA Negeri 1 Kediri karena dalam kategori baik. (3) Aktivitas dan respon siswa pada pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS materi irisan kerucut dengan model pembelajaran problem based learning dan metode guided discovery pada penerapan kurikulum 2013 kelas XI di SMA Negeri 1 Kediri baik. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan dalam mengembangkan LKS berbasis kurikulum 2013 dengan metode guided discovery adalah pengembangan materi lebih diperdalam lagi terutama pada penemuan konsep secara mandiri oleh siswa melalui langkah – langkah pengerjaan dan masalah yang ada dalam LKS. Kata Kunci : Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Metode Guided Discovery, Kurikulum 2013.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI