IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI UKURAN PEMUSATAN DATA DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN GENDER SISWA KELAS X SMK PELAYARAN HANG TUAH KEDIRI
Author (Penulis)
WAHYU NUR SUKMAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0098
Abstract
ABSTRAK
Abstrak: Implementasi Model Pebelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pemusatan Data Ditinjau Dari Aktivitas dan Gender Siswa Kelas XII SMK Hang Tuah Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2016
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengalaman peneliti pada praktek pengalaman lapangan (PPL), bahwa pembelajaran matematika di SMK masih dominan peran guru dalam proses belajar mengajar. Akibatnya suasana kelas menjadi pasif dan monoton. Hal tersebut nampak dari aktivitas siswa dan hasil belajar yang tidak sesuai harapan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran koopertif the power of two pada materi ukuran pemusatan data ditinjau dari gender? (2) Bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif the power of two pada materi ukuran pemusatan data ditinjau dari gender? (3) Bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif the power of two pada materi ukuran pemusatan data ditinjau dari aktivitas? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif subyek penelitian siswa kelas XII SMK Hang Tuah Kediri. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 pertemuan menggunakan instrumen RPP, lembar observasi, tes hasil belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1).Dari hasil observasi menunjukkan bahwa rata – rata aktivitas siswa perempuan lebih tinggi dari siswa laki – laki. (2). Dari tes hasil belajar menunjukkan bahwa rata – rata hasil belajar siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan. (3). Dari hasil analisis memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh anatara aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan: Pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe The power of two ini dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan proses pembelajaran untuk mendorong aktivitas siswa
Kata kunci: kooperatif, the power of Two, aktivitas, hasil belajar, gender