PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTU LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DINI AYUPRATIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0095

Abstract

Abstrak Dini Ayupratiwi: Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi peneliti, bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bilangan pecahan khususnya soal uraian masih rendah. Sumber belajar yang selama ini digunakan juga kurang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa karena minimnya soal-soal kontekstual. Selain itu pembelajaran bersifat langsung dan terpusat pada guru, akibatnya siswa menjadi pasif dan tidak mempunyai kesempatan untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran RME Berbantu LKS Berbasis Kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran RME berbantu LKS berbasis kontekstual ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Varibel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran RME berbantu LKS berbasis kontekstual sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji Paired Sample Test dengan taraf signifikansi 5% dari derajat df 39 dperoleh taraf sig. (2 tailed) sebesar 0,000. Karena sig. (2 tailed)< signifikansi 5% atau 0,05 sehingga H0 ditolak dan dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran RME berbantu LKS berbasis kontekstual ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantu Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI