DIAGNOSIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EKSPONEN DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Author (Penulis)
RAHAYU EFTIANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.05.0094
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara dan observasi selama PPL yang menunjukkan siswa mengalami kesulitan belajar. Hal ini dilihat dari hasil ulangan harian bentuk pangkat tahun 2015/2016 rata-rata 65% siswa nilainya di bawah KKM yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal eksponen yang ditinjau dari pemahaman konsep matematis. Indikator dari pemahaman konsep adalah 1) siswa tidak mampu menyatakan ulang konsep 2) siswa tidak mampu dalam menggunakan rumus atau operasi tertentu 3) siswa tidak mampu dalam mengaplikasikan algoritma dalam soal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dari SMA Negeri 6 Kediri kelas X-2 yang berjumlah 36 siswa dengan jumlah subjek 6 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Dengan 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah mengalami kesulitan berdasarkan pemahaman konsep matematis. Data yang dikumpulkan berupa hasil soal tes yang berbentuk essay dan wawancara.
Diagnosa kesulitan yang dialami siswa saat menyelesaikan soal eksponen adalah 1) siswa kesulitan dalam menyatakan ulang konsep eksponen kesulitannya meliputi siswa tidak menyelesaikan soal dalam bentuk yang paling sederhana, siswa kesulitan dalam mengubah bentuk perpangkatan, dan siswa kesulitan dalam menentukan nilai x dari persamaan ekponen. 2) Siswa kesulitan memilih operasi tertentu dalam menyelesaikan soal eksponen kesulitannya meliputi kesulitan melakukan operasi hitung, kesalahan dalam penulisan tanda operasi hitung, dan kesalahan dalam menuliskan variabel. 3) Siswa kesulitan dalam mengaplikasikan algoritma kesulitannya meliputi siswa kesulitan menuliskan langkah-langkah penyelesaian secara urut, siswa menuliskan langkah penyelesaian tidak lengkap.
KATA KUNCI : diagnosa, kesulitan pemahaman konsep, eksponen