PROFIL KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI KOMPOSISI


Author (Penulis)

RISKA SEPTIANA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0091

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengalaman peneliti, bahwa dalam menyelesaikan masalah matematika berkaitan dengan konsep berfikir siswa dalam proses kognitif masih kurang. Hal ini siswa belum mampu merencanakan, mengatur, hingga sampai mengevaluasi kegiatan yang dilakukan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana profil keterampilan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi?. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas X TPm 4 semester gasal 2016/2017 dimana penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan metakognisi siswa yang dilihat dari bagaimana siswa menyelesaikan soal fungsi komposisi. Peneliti mengungkap proses keterampilan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal berdasarkan langkah-langkah Polya. Pengungkapan proses keterampilan metakognisi siswa dilakukan setiap langkah penyelesaian masalah yaitu tahap memahami masalah, tahap perencanaan penyelesaian, tahap penyelesaian masalah, dan tahap memeriksa kembali dengan melibatkan keterampilan metakognisi siswa melalui aktivitas perencanaan, monitoring, dan evaluasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kata-kata dengan menggunakan dokumen berupa tes, dan dokumen wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan wawancara. Hasil dari penelitian ini, siswa dalam menyelesaikan soal melalui langkah Polya melibatkan indikator perencanaan saat memahami masalah dengan membaca soal beberapa kali, saat memisalkan bentuk lain untuk mempermudah penyelesaian, serta memikirkan penggunaan waktu agar sesuai dengan waktu yang ditentukan. Siswa dalam menyelesaikan soal melalui langkah Polya melibatkan indikator monitoring saat pengecekan simbol, penulisan data-data yang terkandung dalam soal, membenarkan penyelesaian yang kurang tepat, serta penyelesaian soal dengan langkah yang runtun, benar dan teliti. Siswa dalam menyelesaikan soal melalui langkah Polya melibatkan indikator evaluasi saat mengecek kesesuaian langkah penyelesaian dengan waktu yang digunakan, serta penyelesaian soal dengan cara yang berbeda. KATA KUNCI : Keterampilan Metakognisi, Fungsi Komposisi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI