ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SEMESTER I POKOK BAHASAN FUNGSI SMP NEGERI 7 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DONA RENDRA SAPUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.05.0089

Abstract

ABSTRAK Dona Rendra Saputra: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII Semester I Pokok Bahasan Fungsi SMP Negeri 7 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa peserta didik di SMP Negeri 7 Kediri masih banyak yang mengalami kesulitan belajar matematika pokok bahasan fungsi terkait penguasaan konsep dan prinsip. Akibatnya, hasil pembelajaran peserta didik menurun. Hal tersebut nampak dari kesulitan menyelesaikan soal menentukan rumus fungsi pada materi fungsi, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apa saja kesulitan-kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik pada pokok bahasan fungsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Kediri yang berkaitan dengan konsep dan prinsip? (2) Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan peserta didik dalam belajar matematika pokok bahasan fungsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Kediri ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan, dengan menggunakan instrument tes evaluasi, angket peserta didik dan lembar wawancara peserta didik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Dalam penguasaan konsep, peserta didik mengalami kesulitan dalam menggunakan model, gambar, dan simbol untuk mempresentasikan konsep dengan persentase sebesar 75,81% kriteria tinggi dan menterjemahkan dari satu model presentasi ke model yang lain dengan persentase sebesar 70,96% kriteria tinggi. Dalam penguasaan prinsip, peserta didik mengalami kesulitan dalam mengenali kapan suatu prinsip diperlukan dengan persentase sebesar 51,61% kriteria sedang dan menggunakan prinsip secara benar dengan persentase sebesar 64,51% kriteria sedang, (2) Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan peserta didik dalam belajar matematika pokok bahasan fungsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Kediri adalah faktor ekstern, yaitu alat-alat dan buku oleh sarana/prasarana sekolah yang belum optimal. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, diharapkan: (1) Guru lebih berfokus pada penguasaan konsep dan prinsip peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas dengan menggunakan model, gambar, dan simbol untuk mempresentasikan konsep dan menterjemahkan dari satu model presentasi ke model yang lain (2) Peserta didik diharapkan lebih belajar pada penguasaan prinsip dengan mengenali kapan suatu prinsip diperlukan dan menggunakan prinsip secara benar. KATA KUNCI : Analisis, Kesulitan Belajar, Matematika, Fungsi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-22

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI